Wisata Air Terjun di Sumatera utara Tapanuli Selatan Aek Sijorni

 Aek Sijorni adalah tempat wisata alam yang berada di Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan Sumatra Utara, lebih kurang 30 km dari kota Padang Sidempuan ke arah Mandailing Natal.

Berdasarkan bahasa daerah sekitar, Sijorni berarti Si Jernih yang menggambarkan kondisi dari air terjun yang memang tak pernah berwarna keruh meski di musim hujan. Mengalir deras dari perbukitan, Sijorni sudah sejak lama dijadikan sebagai lokasi pemandian alam.

Keunikan lainnya dari Aek Sijorni terletak pada bentuknya yang berundak-undak menyerupai terasering. Selain itu, pola airnya yang mengalir juga menyebar ke berbagai penjuru.

Air yang mengalir dari ketinggian 10 meter kemudian ditampung ke dalam kolam renang. Ya, di sini ada beberapa kolam renang dengan berbagai tingkat kedalaman sehingga pengunjung bisa memilih untuk mandi langsung di air terjun atau di kolam dengan ukuran cukup luas yang sudah disediakan.



Fasilitas yang tersedia juga standart 

Beberapa tahun lalu, pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) telah mengambil alih pengelolaan Aek Sijorni. Sejak itu, fasilitas di sekitar pun semakin dilengkapi. Terlihat dari adanya kolam renang terbuka, 

Fasilitas yang tersedia di sekitar obyek wisata bisa dibilang lumayan lengkap. Ada area parkir, musholla, toilet, kamar ganti, dan warung yang menjajakan aneka sajian khas, serta pondok-pondok kecil untuk beristirahat.

kalau lagi lapar, di sini juga sudah banyak warung kecil yang menjual berbagai makanan dan minuman.













Lokasi Aek Sijorni

Jl. Trans Sumatera Bukittinggi - Padang Sidempuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22774

kalau hendak kemari, langsung saja menuju Desa Simpang Tolang di Kecamatan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan. Kalau dari Medan, jaraknya cukup jauh bila menggunakan transportasi darat, sekitar 10 jam perjalanan.



  • Tiket Masuk / Masuk

Jika Membawa mobil biasanya dipinggir jalan karena lokasi Aek Sijorni di sebrang sungai , sehingga kalian harus berjalan kaki menyebrangin jembatan gantung (jangan khwatir jembatanya kokoh dan kuat )

Biaya masuk ke wisata ini terbilang murah, hanya Rp5.000 - Rp10.000/orang.


Sumber : https://www.travelingmedan.com/

, , , ,

No comments:

Post a Comment

Penayangan